Sabtu, 25 Desember 2010

"El Ateneo" Gedung Theater yang di Sulap Menjadi Toko Buku

El Ateneo Grand Splendid

Terletak di Santa Fe 1860 Avenue di Barrio Norte, gedung ini dirancang oleh arsitek dan Torres Pero Armengol untuk empresario Max Glucksman (1875-1946), dan dibuka sebagai teater bernama Teatro Gran Splendid Mei 1919. Bangunan ecleticist fitur langit-langit frescoespainted oleh seniman Nazareno Italia Orlandi, dan caryatids dipahat oleh Troiano Troiani


El Ateneo pada saat sebagai Gedung Teater
Teater El Ateneo memiliki kapasitas 1.050 tempat duduk, dan menggelar berbagai pertunjukan, termasuk penampilan oleh artis tango Carlos Gardel, Francisco Canaro, Roberto Firpo dan Ignacio Corsini. Gl├╝cksman memulai stasiun radio sendiri pada tahun 1924 (Radio Splendid), yang disiarkan dari gedung tempat perusahaan rekaman nya, Nacional Odeon, membuat beberapa dari rekaman awal penyanyi tango besar hari. Di akhir dua puluhan teater diubah menjadi sebuah gedung bioskop, dan pada tahun 1929 menunjukkan film suara pertama yang dilihat dan didengarkan di Argentina.

El Ateneo pada saat Sudah Menjadi Toko Buku
Bekas hiasan teater itu disewakan oleh Grupo Ilhsa pada bulan Februari 2000. Ilhsa, melalui Tematika, memiliki El Ateneo dan penjual buku Yenny (sebanyak lebih dari 40 toko), serta El Ateneo sebagai penerbit. Bangunan ini kemudian direnovasi dan diubah menjadi toko buku dan musik di bawah arahan arsitek Fernando Manzone, tempat duduk bioskop telah dihapus dan sebagai gantinya dipasang rak buku. Setelah bekerja diperbaharui, dengan 2.000 m² (21.000 ft ²) El Ateneo Grand Splendid menjadi toko utama kelompok, dan pada tahun 2007 terjual lebih dari 700.000 buku, lebih dari satu juta orang berjalan melalui pintu secara tahunan.

Kursi disediakan di seluruh gedung, termasuk kotak teater yang masih utuh, di mana pelanggan dapat masuk ke dalam buku sebelum membeli, dan sekarang ada kafe di bagian belakang yang dulunya panggung. Langit-langit, ukiran berornamen, tirai merah panggung, pencahayaan auditorium dan masih banyak detail arsitektur. Meskipun perubahan, bangunan masih mempertahankan perasaan dari teater besar sekali itu. The Guardian, seorang terkemuka Inggris berkala, yang bernama El Ateneo kedua tahun 2008 daftar Sepuluh Dunia Toko-toko buku Best.

























Sumber : disini

0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...