Jumat, 27 Agustus 2010

Gini Niiihh Mekanisme Kerja Kunci!!

Cylinder key


buat yang sering nanya2 gimana cara kunci "ngunci" dan kenapa kalo pake anak kunci yang beda kuncinya ngga bisa dibuka, simak dulu niih yang satu ini gan

liat dulu niih bagiannya..





bisa diliat kalo didalemnya tuh ada yang menyerupai batang2 yang disebut pin. pin itu sendiri dibagi 2 yaitu, top (atas) dan bottom (bawah). disitu juga ada yang dinamain shear line (ngga tau gw bhs indonya apa ), itu tuh batas dimana silinder kunci bisa muter..
naaah, prinsip kerjanya yaitu anak kunci dibuat bentuknya sedemikian rupa sehingga perpotongan antara pin atas dan bawah tepat berada di shear line sehingga silinder bisa muter..
makannya kalo kuncinya ngga pas dan ada satu atau lebih pin yang ngga pas, silinder ngga akan bisa muter karena ketahan sama pinnya.


untuk lebih jelasnya, mari diliat gambar 1 ini..


buka aja link animasi flashnya gann
http://static.howstuffworks.com/flas...g-diagram1.swf

naah, ini kalo kuncinya bener gaan
http://static.howstuffworks.com/flas...g-diagram2.swf


masalahnya sekarang
gimana cara bukanya kl gak pake kunci
maksudnya kl pakai pick lock??

intinya sih sama, nyejajarin semua pin di shear line. nah buat lockpicking tuh ada 2 alat utama : tension wrench dan pick. jadi pertama2 pake tension wrench kita putar plugnya sesuai arah bukanya, sehingga silindernya agak miring sedikiiiiiit. nah abis itu pake pick kita angkat deh pin2nya. coba bayangin 1 pin diangkat trus picknya dilepas, pinnya pasti bakal jatoh juga tapi karena silindernya udah kita miringin sedikiiiiit, yang bakal jatoh cuma pin bawah dan pin atas nyangkut di atas shear line. trus lakuin ke semua pin sisanya..

biar lebih jelaaaas, flashnya juga ada kok
http://static.howstuffworks.com/flas...g-diagram3.swf

0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...